Cara Mencari DNS Server Tercepat Dengan Namebench.

Cara Mencari DNS Server Tercepat Dengan Namebench


Banyak sekali Public DNS yang bisa kita manfaatkan untuk mejadi solusi Pengganti DNS Server Provider Internet yang kita gunakan. Namun kita belum bisa mengetahui IP DNS server mana yang paling cepat yang akan kita gunakan dari sekian banyak Public DNS yang tersedia. Untuk itu kita perlu melakukan test diantara IP DNS server yang ingin kita gunakan untuk akses internet agar lebih cepat dan stabil. Salah satu cara untuk mencari DNS tercepat adalah dengan menggunakan software Tool Open Source DNS Benchmark Utility yaitu Namebench.

Download Software Tool DNS Benchmark Utility ini di : http://code.google.com/p/namebench/
atau Direct linknya : Sofware Namebench-1.3.1-Windows.exe
Jalankan software ini dengan keadaan akses internet kita tersambung, kemudian klik start untuk memulai pencarian dan test DNS yang paling cocok untuk Provider internet anda.

Waktu yang dibutuhkan untuk seeker DNS sekaligus mencari DNS server yang paling bagus buat setting koneksi internet kita yaitu sekitar 15 - 20 menit. Setelah tes selesai maka akan keluar hasil result daftar DNS yang paling bagus untuk lokasi anda dan provider yang kita gunakan. Sebagai berikut :

Cara Mencari DNS Server Tercepat Dengan Namebench

Dari daftar di atas, kita bisa baca bahwa urutan yang teratas adalah DNS yang paling cepat dan dirokemendasikan untuk kita set dan gunakan buat DNS akses internet kita. Kita lihat tabelnya dan abaikan Server DNS :  192.168.1.1  (karena IP ini adalah IP komunikasi modem kita).

Check ke daftar / tabel selain IP tersebut, misalnya kita mendapatkan rekomendasi DNS berikutnya yang paling baik adalah : '202.43.160.50  ns1.dtp.net.id'.

Jadi IP 202.43.160.50 inilah yang kita set dan masukan sebagai Primary / Prefered DNS server. 
Setelah mendapatkan Primary / Prefered DNS server kita perlu mencari pasangan DNS server tersebut untuk kita set sebagai Secondary / Alternated DNS server. Langkah untuk mencari pasangan DNS tersebut, kita bisa menggunakan Tool Hostname to IP sebagai berikut :
Kita ansumsikan / perkirakan 'ns1.dtp.net.id : 202.43.160.50' pasangnya adalah 'ns2.dtp.net.id', maka kita akan mencari IP hostname 'ns2.dtp.net.id' ini.

Buka situs Aruljohn dan gunakan tool Hostname to IP nya : http://aruljohn.com/hostname2ip.html
Masukan : 'ns2.dtp.net.id' dan klik 'Find'.
Cara Mencari DNS Server Tercepat Dengan Namebench

Maka akan keluar hasilnya dimana IP untuk 'ns2.dtp.net.id' adalah : '202.43.160.51'. Sekarang kita sudah mendapatkan IP DNS server terbaik yaitu :
Primary / Prefered DNS Server      :   202.43.160.50
Secondary / Altenate DNS Server  :   202.43.160.51

Selanjutnya kita akan melakukan Setting DNS server pada koneksi atau modem internet kita. Untuk kita yang menggunakan akses internet ADSL seperti Speedy Telkom, kita perlu memasukan DNS tersebut ke dalam setingan Modem ADSL kita dan restart koneksi atau restart modem ADSL kita.

Untuk masuk ke setingan Modem ADSL, buka Browser kita, dan masukkan pada address bar http://192.168.1.1, akan terbuka akses ke setingan Modem ADSL kita. Untuk cara setting DNS pada modem ADSL bermacam macam menunya, karena tiap modem ADSL berbeda beda tampilan menunya.

Setiap waktu hasil pencarian DNS tercepat ini akan berubah ubah, karena faktor kesibukan Server DNS ini berubah ubah tiap waktu. Maka kita usahakan sesering mungkin untuk update DNS Server ini.

Previous
Next Post »