Windows 7 - Cara Mematikan SuperFetch yang membuat Windows 7 Lambat

Superfetch

Mematikan SuperFetch yang membuat Windows 7 Lambat
Terkadang Windows 7 kita terasa mulai lelet, membuka explorer di Windows 7 semakin lambat. Loading game juga lambat. Mungkin salah di setting SuperFetch yang aktif.

Apakah SuperFetch ?
1.  SuperFetch, berfungsi untuk mempercepat data computer.
2.  SuperFetch untuk mengurangi waktu Boot.
3.  SuperFetch juga memastikan load aplikasi lebih efisien.

Tetapi fitur ini tidak selalu berjalan baik pada software, dan dianggap sebagai mitos di OS Windows 7. Kadang computer menjadi aneh dan menjadi lambat. Dampaknya fitur aplikasi yang selalu aktif ini malah menurunkan performa computer. Khususnya pada harddisk akan terlihat sibuk selama 5-10 menit setelah komputer diaktifkan.
SuperFetch mengunakan RAM, terlihat di Taskbar memory mulai penuh. Tapi memory tersebut masih bisa digunakan untuk aplikasi, karena untuk sementara digunakan oleh fitur tersebut.

SuperFetch terkait dengan teknologi ReadyBoost, artinya semakin besar memory yang anda miliki akan memberikan manfaat di sistem Windows. Tapi tidak semua computer memiliki memory RAM diatas 4GB.
Hal lain fitur SuperFetch tidak selalu berpengaruh terhadap aplikasi, dan Boot Windows tidak sepenuhnya lebih cepat. Kalangan IT menyarankan fitur SuperFetch di non-aktifkan bila menganggu kinerja Windows.

Cara Disable SuperFetch

Fitur SuperFetch diberikan sejak Windows Vista., termasuk Windows 7. Banyak penguna merasa aplikasi SuperFetch yang aktif terasa tidak berguna. Dibawah ini cara mematikan SuperFetch.

1.  Click Start.
2.  Pilih Accessories -> Command Prompt / atau click Run.
3.  Lalu ketik services.msc
4.  Akan muncul satu Windows Services, lalu cari Superfetch.
5.  Disable fitur tesebut dengan Disable -> lalu tekan Stop.

Disable Superfetch

Bandingkan antara sebelum dan sesudah mematikan fitur SuperFetch di Windows 7. Seperti Loading Explorer untuk membuka folder dan file di Windows 7. Bila lebih cepat, setting diatas bisa tetap diaktifkan
Kembalikan setting bila sistem OS Windows terganggu.

By :
ObenPlus.Com


Previous
Next Post »